Arti Penting 'Salam' dalam Blog

Assalamu'alaikum Wr Wb.
Arti Penting Salam dalam Blog. Ya sesuai dengan judulnya,kali ini saya mau membahas hal kecil dalam blogging yaitu Salam. Salam,ada banyak salam yang dapat digunakan dalam kehidupan ini. Terutama kali ini dalam hal blog atau postingan dalam blog. Ya,memang salam selalu menjadi pembuka/penutup dalam tiap postingan. Ya salah satu penggunanya adalah saya dalam blog Si Arif ini. Ya dalam setiap postingan blog saya,saya selalu mengucapkan salam terlebih dahulu yaitu "Assalamu'alaikum Wr Wb" dan "wassalamu'alaikum Wr Wb"

Lalu kenapa harus menggunakan salam terlebih dahulu?

Menurut saya,Jawaban yang paling tepat adalah ITU PILIHAN MASING-MASING . Kenapa demikian,dalam kehidupan salam itu tidak harus dilakukan kepada setiap orang. Kalimat dalam salam pun tak harus selalu menggunakan salam dalam bahasa arab(berhubung saya seorang Muslim jadi ya pasti pakek itu) . Salam dapat pula dengan kata lain seperti, : selamat pagi !, selamat siang ! ,dll. Ya Memang itu semua tergantung pada orang yang ingin mengucapkannya.

Salam umumnya dibalas dengan kata-kata yang menyerupai untuk membalsanya. Jarang sekali bahkan bisa dibilang hampir tidak mungkin seseorang yang memiliki akal menjawab salam dengan kata yang memiliki arti/penggunaan kata berbeda/terkesan aneh. Misal saja,tidak mungkin seorang yang menyapa dengan salam " Selamat Pagi ! " kemudian dijawab dengan kata "Wa'alaikum salam Wr Wb ". Hampir tidak mungkin bukan ! seseorang yang memiliki akal normal yang menjawab seperti itu.


Lalu apa untungnya mengucapkan/menjawab salam?


Memang secara tidak langsung salam merupakan bagian dari kehidupan dalam bermasyarakat. Lalu apa untungnya? mungkin kita merasa bahwa mengucapkan/menjawab salam itu tidak ada gunanya. Padahal itu tidak benar. Dalam hukum Islam,Mengucapkan salam itu termasuk dalam SUNNAH,yaitu kegiatan yang akan menghasilkan pahala bila dikerjakan. Dan menjawab salam itu merupakan KEWAJIBAN bagi tiap muslim .Jadi dengan adanya salam kita mampu memperoleh pahala atau bahkan dosa dari Tuhan. (1)

Lalu,dengan mengucapkan salam berarti kita menghormati orang lain dengan cara menyapa. Ya,itu akan memberikan  pandangan bahwa kita menghormati dan menghargai orang tersebut. Kemudian orang yang memberi salam pun pasti akan merasa dirinya diperhatikan dan merasa bahwa orang yang menjawab salamnya tadi adalah orang yang baik dan memiliki sikap saling menghargai yang tinggi. Nhah,itu akan menyebabkan tali persaudaraan dan silaturrahmi antar manusia menjadi lebih erat. Mereka akan saling bantu mengerti dan ber toleransi satu sama lain. (2)


Nah lalu apa yang kita pelajari??

Intinya,dalam postingan ini saya hanya sekedar mengutarakan opini semata. Kenapa? karena menurut saya ini merupakan hal kecil yangbagi saya sendiri merupakan hal yang sangat berarti. Kenapa? salam mampu memberikan kita banyak manfaat,salam pun mampu mempersatukan umat manusia di dunia ini. Lalu apa susahnya mengucapkan salam? toh itu hanya hal kecil. Tidak berat,namun sulit itu dijadikan kebiasaan. Ya,walaupun hanya lewat blog,salam itu memiliki arti yang besar. Awali  dari diri sendiri,walaupun hanya melalui blog.

Kita sebagai umaty yang beragama harusnya saling menyapa atau memberi salam dengan seluruh umat di dunia ini tanpa memandang Ras,Etnis,Agama,Sosial ataupun hal hal pemisah lainnya. Kita semua sama. Sama di mata Tuhan. SO,ayo kita buktikan bahwa Salam memiliki arti penting dalam kehidupabn ! Budayakan mengucapkan salam !

sekian.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

8 comments:

  1. kalau saya salamnya di akhir artikel.
    jadi di akhir saya sisipkan salam dan harapan serta doa buat pembaca.

    kalau di awal artikel mah buat "keyword" gan..
    hehehe

    ReplyDelete
  2. salam itu penyambutan. mungkin emang lebih enak jika disambut :) daripada tidak sama sekali.

    bang kata terakhir " kehidupabn " :) di typo ya biar srek bacanya .. hehe

    ReplyDelete
  3. Salam itu adalah suatu hukum yang unik...

    dimana jika pengucap salam pertama kali.,.. itu hukumnya sunnah.. dan wajib bagi orang yang mendengarkannnya untuk menjawabnya. .. hehehhe

    nice post mas arif..

    ReplyDelete
  4. betull juga tuh salam penting di dalam blog.....nice share mas....

    ReplyDelete
  5. Keren blognya, bersih sob

    ReplyDelete
  6. @Opick Amikom:hihi iya mas,,matur nuwun pujiannya :)

    @aaayik:hehe iya sob,,emagn lebih enak disambut,,hehe maaf nanti saya perbaiki lagi :)

    @Birrul Walidain:oke sobb,., :)

    @Jefferly Helianthusonfri: hehe emang sih,kebanyakan awal itu dijadikan keyword. kembali ke masing" individunya saja lebih optimal tanpa kekangan.

    @Resolusi Juara 2012 | IT-Soft Center:heheh thanks atas pendapatnya mas,,.,and thanks atas pujiannya :)

    @Resolusi Juara 2012:oke kawann :)

    @Rosadtea.:hehe maklum masih amatiran.jadi seadanya aja

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan Pesan Di Sini. 1 Komentar dari Anda akan Sangat Membangun. Terima Kasih

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Used By: Catatan Si Arif||Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat